Saturday, May 27, 2017

Benarkah Teleskop Hubble Akan di Ganti?

GiiSpace - Setelah kita membahas fakta-fakta tentang telekop Hubble maka kini saya akan membahas pada akhir paragraf pada postingan sebelumnya ,"Benarkah Teleskop Hubble Akan di Ganti?" ,jawabannya benar ,pada tahun 2018 nanti teleskop hubble akan di gantikan oleh teleskop "James Webb Space Teleskop" mega proyek yang menghabiskan dana sebesar US$ 9 miliar ini akan membuat sejarah baru di dunia astronomi.

Sejak di pensiunkannya Hubble pada tahun 2011 dan belum mendapatkan gantinya,menurut para ilmuan ,berdasarkan hukum entropi yang mendominasi kosmos, Hubble akan mulai memburuk. Contohnya, akan kehilangan kemampuan sistem navigasi pada teleskop itu sendiri.

"Ini semacam memprediksi kapan saat berikutnya mobil Anda akan rusak," (Jim Jeletic) sebagai wakil manager proyek Hubble di NASA Goddard.

 Nah teleskop yang beratnya 11 ton itu akan di kembalikan ke Bumi oleh NASA.

Alasan Menurut GiiSpace Mengenai di Gantinya Teleskop Hubble.

Menurut saya sendiri di karenakan ketertarikannya saya pada hubble ini ,teleskop yang sudah beroperasi sejak peluncurannya pada tahun 1990 - 2011 (21) tahun ini pastinya sudah tua dan mungkin sudah usang,ini pendapat saya yang di ambil dari kata Jim Jeletic sebagai wakil manager proyek Hubble di NASA Goddard.
Sepanjang beroperasi mengorbit bumi, lima kali astronaut NASA di pesawat ruang angkasa berkunjung untuk menukar baterai lama dan menginstal instrumen baru,termasuk di tahun 2009 NASA mengganti kamera hubble dengan kamera terbaik teleskop yang pernah di miliki.
Walaupun sudah di ganti dengan kamera tercanggih pada masanya ,tidak bisa di pastikan bahwa Hubble akan selalu mengorbit bumi ,ya itu karena sudah "Tua".

Harapan saya pada saatnya teleskop pengganti Hubble pada tahun 2018 nanti,semoga dunia astronomi makin berkembang dan pastinya mendapat hal-hal yang baru dan ilmu baru untuk semua orang.. (ogi/giispace)


EmoticonEmoticon