Thursday, July 06, 2017

Bagaimana Cara Astronom Mengetahui Bentuk Suatu Galaksi Alam Semesta?

GiiSpace - Galaksi merupakan suatu fenomena alam yang terdapat jutaan bintang di dalamnya ,begitu juga misteri didalamnya,sejauh ini Astronom belum bisa menerbangkan suatu pesawat atau bendar untuk keluar dari galaksi bima sakti ini,lantas bagaimana astronom dapat mengetahui bentuk galaksi?

Tidak sedikit orang bertanya tentang hal ini,termasuk saya (dulunya),namun setelah saya membaca beberapa referensi akhirnya saya sedikit tahu mengenai hal itu,berikut Cara Astronom Mengetahui Bentuk Suatu Galaksi Alam Semesta.

Cara ini sebenarnya hanya menggunakan logika kita ,contohnya beigini ,bayangkan anda berada di rumah sendiri yang di kuci serapat-rapatnya hingga anda tidak bisa keluar,tetapi kita ingin mengetahui bentuk rumah tersebut,tetapi kita tidak bisa keluar rumah karena terkunci.

Jadi,selama kita terkunci di rumah itu ,kita sendiri dapat menggambarkan bentuk rumah tersebut melalui dalam rumah yang kita tinggali ,contohnya anda mulai menggambar bagian depan,ke tengah,hingga belakang rumah ,dan terbentuklah rumah yang ingin ktia lihat.

Hal seperti itulah yang di lakukan astronom untuk mengetahui bentuk galaksi Bima Sakti,meskipun Astronom belum dapat menyaksikan galaksi itu secara nyata tetapi Astronom dapat menggambarkannya dari bumi.

Penggambaran tersebut juga tidak sembarang ,karena sudah di teliti sebelumnya dan dapat di pertanggung jawabkan.

Apakah Foto di Atas Nyata?

menurut saya foto itu nyata walaupun mungkin ada sedikit editan,tapi secara keseluruhan itu nyata.
berasal pengamatan serta membandingkan Bimasakti dengan struktur galaksi lain sehingga akhirnya mampu diketahui juga kalau Bimasakti ialah galaksi yang bentuknya spiral. serta kita pula punya contoh galaksi spiral lainnya sehingga bisa diperkirakan seperti apa bentuk Bimasakti itu.

Sedikit paling tidak, berdasar data-data ilmiah, mampu dikatakan sesuai, itu artinya kebenaran ilmiah, yang bisa dipertanggungjawabkan.

serta buat foto-foto Bimasakti yg kita lihat selama ini adalah foto-foto yang diambil berasal Bumi yg beserta surya berada pada keliru satu lengan spiralnya ke arah pusat Galaksi.

Seperti foto di atas itu merupakan salah satu spiral yang terdapat di galaksi Bima Sakti.

Lalu Bagaimana Astronom Mengetahui Bentuk Selain Bima Sakti?

Contohnya galaksi terdekat dengan Bima Sakti yakni Cains Major dan Andromeda galaksi.


Astronom berhasil menemukan galaksi tersebut,caranya juga berbeda dengan melihat galaksi Bima Sakti,

Ambil contoh kita berada di dalam rumah walaupun terkunci tetapi rumah tersebut memiliki jendela,apakah kita bisa melihat rumah-rumah terdekat atau bahkat terjauh ,tentu bisa,nah seperti itu juga astronom melihat galaksi luar Bima Sakti ,malahan caranya lebih sederhana dibandingkan dengan cara menemukan atau menggambarkan Galaksi Bima Sakti.

Jadi Astronom dapat melihat luar Galaksi Menggunakan teleskop dari bumi atau teleskop yang sudah di pasang di luar angkasa ,yakni teleskop hubble.

   Baca : 
Mungkin menurut Astronom melihat galaksi lain lebih mudah dibandingkan dengan galaksi Bima Sakti ,karena jika ingin melihat jelas Galaksi Bimia Sakti minimal Astronom harus keluar galaksi Bima Sakti yang berjarak ratusan tahun cahaya untuk mencapai luar galaksi,maka dari itu cukup sulit untuk melihat penuh galaksi sekaligus rumah bagi manusia serta misteri dialamnya.Sekian semoga bermanfaat (ogi/giispace).

4 comments

wow, sangat luas pengetahuannya. manfaat sekali,.

Terimakasih gan,semoga bermanfaat.

Berfaedah om.. artikelnya juga enak dibaca nice

Thanks mas,semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon