Thursday, July 06, 2017

Galaksi Bima Sakti Memiliki 100 Miliar Bintang Gagal!

GiiSpace - Milky Way atau Bima Sakti merupakan galaksi yang mana kita tinggal dilamanya,dengan bentuk yang spiral dan juga berisi banyak sekali misteri didlamnya.

   Baca : Bagaimana Astronom Mengetahui Bentuk Galaksi?

Menurut sebuah penelitian oleh tim astronom internasional (dunia), yang dipimpin Koraljka Muzic yang berasal dari Universitas Lisbon dan  Aleks Scholz berasal Universitas St. Andrews. pada hari Kamis 6 Juli, Scholz mempresentasikan survei mereka tentang galaksi milky way memiliki 100 miliar bintang coklat ,bintang berwarna coklat atau kemereah-merahan ini merupakan bintang yang gagal karena kehabisan bahan bakar intinya bintang ini gagal melakukan fusi nuklir sebagai bahan bakar,dan bintang itu disebut gagal atau sekarat.

Menurut studi oleh Pertemuan Astronomi Nasional yang di selengarakan Universitas Hull,Inggris mengatakan ,bahwa galaksi kita diperkirakan memiliki miliaran bintang yang gagal.Para astronom ini pun meneliti dan mencatat bahwa ada 25 - 100 miliar bintang cokelat atau bintang gagal.

Daerah-daerah pembentuk bintang ini dipilih sebab ribuan katai (Jenis bintang) bintang berwarna cokelat memang cenderung lebih sering ditemukan di area pembentuk bintang, yg kesemuanya mempunyai kepadatan bintang yang rendah serta tidak banyak. dari penelitian serta pengamatan ini, tim astronom ini mengatakan jarak katai berwarna cokelat yg ditemukannya tidak terdapat yg lebih dari 1.500 cahaya berasal surya.Perhatikan gambar di atas itu merupakan jenis katai bintang.

Pada sebuah pernyataan,Ilmuan bernama Scholz berkata, "Kami sudah menemukan begitu banyak katai berwarna cokelat dalam gerombolan bintang ini. dan juga apa pun tipe gugus bintangnya, keberadaan katai cokelat itu memang sangat awam. Katai cokelat dapat terbentuk pada samping bintang-bintang dalam gugus.".

Jumlah bintang di Bima Sakti diperkirakan memiliki 400 Miliar bintang,dan apabila disetiap dua bintang ada salah satu katai cokelat maka diperkirakan ada 100 miliar katai cokelat di galaksi tercinta ini,atau mingkin bisa lebih banyak karena ada juga jenis bintang yang sudah redup.

Bagaimana Nasib Bintang Gagal ini?

Karena bintang tersebut sudah di bilang sekarat ,maka lama kelamaan bintang tersebut akan melewati ukuran normalnya bisa saja menjadi 10x lipat dalam ukuran normalnya ,lama kelaman bintang menjadi warna merah dan panas ,selanjutnya bintang akan mendingin membesar dan akhirnya meledak ,serta akan terbentuk calon-calon bintang yang baru beserta materi-materi yang tersebar.

   Baca : 
Seperti artikel di atas,hal ini belum di ketahui pasi oleh para ilmuan,maka dari itu hanya di perkiraan saja,meski demikian hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai dunia astronomi dan dapat lebih mensyukur nikmat yang di kasih tuhan ,sekian terimakasih semoga bermanfaat. (ogi/giispace).



referensi : infoastronomy.org , phys.org


EmoticonEmoticon