Thursday, July 06, 2017

Asal Mula Nama Galaksi Bima Sakti atau Milky Way

GiiSpace - Hari ini saya lagi demen update tentang galaksi,suatu fenomena alam yang sangat-sangat menakjubkan untuk di lihat apalagi di bahas,menurut astronom galaksi kita berbentuk spiral karena pada saat dilakukan penelitian menggunakan teleskop telihat salah satu lengan atau ekor dari galaksi ini yang agak melengkung ,maka dari itu dapat disimpulkan bahwa bentuk galaksi kita adalah spiral.

Mengapa Bima Sakti Belum Mempunyai Wujud Asli?

Hal ini disebapkan karena jika ingin melihat keseluruhan bentuknya galaksi bima sakti,Astronom harus mengirimkan suatu benda keluar galaksi bahkan lebih jauh sehingga dapat mengabadikan keseluruhan galaksi kita ini ,tentu bukanlah hal yang mudah,membutuhkan waktu ratusan tahun untuk keluar dari galaksi yang luas ini.

Jadi hingga saat ini para Astronom baru hanya menyimpulkan mengenai wujud bima sakti ini,hal yang akan kita bahas bukanlah bentuk dari galaksi ini atau bahkan isinya,melainkan saya akan membahas sejarah nama serta penemuan dari Galaksi ini ,berikut Asal Mula Nama Galaksi Bima Sakti atau Milky Way

Pernahkah kita sebagian pecinta astronomi atau bahkan orang yang tau tentang galaksi ini ,berfikir darimana asal nama Milky Way atau orang indonesia menyebutnya sebagai Bima Sakti? ,mari kita bahas.

Asal Mula Nama Milky Way

Internasional menyebut galaksi ini bernama Milky Way karena bentuknya yang spiral serta berwarna putih,jika di lihat dari langit maka penampilannya mirip jalur susu yang sedang di aduk.Kita di bumi hanya melihat salah satu dari lengkan spiral galaksi ini,karena kita di alam semesta ini sangatlah kecil.

Orang-orang romawi pun menjuluki galaksi kita ini dengan nama "Jalur Suru" atau "Via Lactea" dalam bahasa setempat.

Karena itulah hingga sekarang dunia internasional menyebutnya Milky Way.lalu bagaimana orang indonesia menjulukinya sebagai Bima Sakit? ,kan tidak ada kaitannya dengan susu seperti halnya dunia internasional menyebutnya.

Asal Mula Nama Bima Sakti

Asal mula nama ini berasal dari nama salah satu tokoh pewayangan ,yaitu Bima.
Istilah Bima Sakti yakti nama terakhirnya di juluki oleh orang-orang pada jawa kuno dulu ,karena pada saat malam hari mereka selalu melihat susunan bintang yang tersebar dan pita kabut putih cemerlang menghiasi langit malam ,jika di gambarkan dan ditarik garis akan membentuk gambar Bima dililit ular naga,maka disebutlah "Bima Sakti"

Apa itu pita kabut? ,pita kabut merupakan susunan atau perkumpulan miliaran bintang dan juga debu dan gas yang terletah dekat dengan bintang-bintang.

Memang pada jaman dulu kita bisa melihat bintang-bintang di langit karena pada jaman dulu tingkat polusi udara sangat minim di kota apalagi di pedesaan tingkat polusi pada saat itu sangat sedikit atau bahkan tidak ada polusi udara.

Pengalaman saya saat kecil pun seperti itu ,jika malam saya suka melihat bintang-bintang di langit bersama teman-teman ,maka dari itu hingga sekarang saya sangat tertarik dengan hal yang berbaru astronomi.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singat dari Asal Mula Nama Galaksi Bima Sakti atau Milky Way ,yang mungkin banyak penasaran dengan asal nama ini ,dan alhamdulilah sudah saya bahas di sini ,semuga bermanfaat.(ogi/giispace)


EmoticonEmoticon