Friday, July 07, 2017

Teleskop Hubble Mengabadikan Tabrakan Antar Galaksi

GiiSpace - Teleskop antariksa terbaik ,yakni hubble mengirimkan gambar yang spektakuler ke pusat NASA yang berada di bumi gambar yang dikirimkan yakni tabrakan antar gakalsi spiral masif yang diberinama LEDA 18516,yang berjarak 500 juta tahun cahaya dari bumi dan yang pastinya sangat jauh dari galaksi kita yakni Bima Sakit.

LEDA 18516 ini dulunya terdiri dari dua galaksi sipral yang terpisah namun saat ini galaksi ini bertabrakan dan bergabung dengan kecepatan 2 juta kilometer per jam.

Di bumi kecepatan itu mungkin sangat-sangat secpat ,tapi tidak bagi galaksi ini walaupun kecepatannya 2 juta kilometer per jam ,butuh jutaan tahun lagi untuk membuat galaksi ini bergabung satu sama lain.

Tabrakan antar galaksi ini bukan yang pertama kali bagi teleskop hubble ,karena sejak pertama kali di luncurkan ,teleskop ini sering sekali menangkap galaksi-galaksi yang bertabrakan atau kanibalisme antar galaksi dan sebagainya.Kanibalisme antar galaksi ini sebenarnya sama saja dengan tabrakan antar galaksi ,namun hanya beda penyebutan dan sama hasilnya ,yakni terjadi galaksi yang lebih besar dari sebelumnya.

Menurut penelitian Astronom dan Ilmuan galaksi kita juga akan menjadi korban tabrakan galaksi dlam 4,5 miliar tahun lagi ,pertanyaannya pada saat itu apakah kita masih ada? ,atau nantiya bumi dan manusia sudah berevolusi? entahlah.

Galaksi kita akan bertabrakan dengan galaksi terdekat kita ,yakni andromeda ,yang kini diperkiraan bergerak 300 kilometer per detik untuk mendekati bumi.Namun,diperkirakan nasib bima sakti tidak terlalu parah seperti galaksi lainnya,karena jarak antar bintang di galaksi andromeda itu sangat berjauhan beda halnya seperti bumi yang jarak bintangnya hampir berdekatan ,dan kemungkinan tabrakan antar bintang sedikit,ya hanya sebagian kecil bintang yang tabrakan nantinya.

Setelah itu bima sakti dan andromeda bergabung dengan ukuran lebih besar lagi dan berisi miliran bintang dan ukuran galaksi yang telah bergabung ini lebih besar dari sebelumnya.

Kesimpulan

Alam semesta ini sepertinya tidak dapat di ukur jarak atau luasnya ,karena sangat-sangat luas ,banyangkan saya jarak antar galaksi ratusan tahun cahaya ,dan di alam semesta ini terdapat milirian bahkan triliunan galaksi ,yang pastinya mempunyai jarak yang berbeda-beda pula ,maka dari itu dapat di simpulkan bahwa manusia tidak bisa mengukur jarak seluruh alam semsta ini,sekian semoga bermanfaat (ogi/giispace)


EmoticonEmoticon