Wednesday, July 05, 2017

Apa itu Lubang Cacing Alam Semesta?


GiiSpace - Kalian pernah nonton film interstellar? kalo belum wajib nonton,film ini merupakan film rekomended buat yang suka astronomi.Kali ini saya tidak membahas tentang film interstellar ,tetapi mengenai lubang cacing (wormhole) yang ada di alam semesta.

Lubang cacing atau bisa di sebut dengan "memotong jalan atau jalan singkat" contohnya, jika anda ingin pergi ke suatu tempat berjarak 15 km memakan waktu 1 jam yang harus anda tempu lewat jalan memutar tetapi ada jalan yang lebih dekat yakni memotong jalan yang tadinya memutar menjadi lurus dan mempersingkat waktu menjadi 20 menit ,nah ini di sebut Lubang cacing jika di luar angaksa. (opini saya)

Menurut Dr. Kip S. Thorne (California Institute of Technology) menjelaskan apa itu wormhole. Ilustrasinya mirip ini: contoh anda menjadi seekor semut yg tinggal di permukaan sebuah apel. Apel tersebut digantung di langit-langit menggunakan memakai tali yang sangat tipis sebagai akibatnya tidak bisa anda panjat.Anda tak bisa pulang kemana-mana selain di bagian atas apel. permukaan apel itu menjadi alam semesta anda. Nah, kini   bayangkan apel itu berlubang dimakan ulat. Lubangnya menembus si apel. dengan adanya lubang itu, agan mampu berpindah ke sisi lain bagian atas apel menggunakan dua cara, yaitu: lewat jalan biasa, yaitu permukaan apel (alam semesta), atau lewat jalan pintas, yaitu lubang yg telah dibuat si ulat (wormhole).Worm hole memakan waktu lebih singkat di banding dengan lewat jalan biasa (alam semesta).

Dalam ilmu fisika Lubang Cacing adalah jalan pintas melalui ruang dan waktu.Hingga sekarang pun masih belum diketahui lubang cacing ini terbentuk secara alami atau tidak.Kalaupun ada lubang cacing,untuk membuat lubang itu tetap ada atau tetap terbuka di butuhkan materi,jika tidak lubang hitam akan menutup atau hilang.

Lalu Perbendaan Lubang Hitam dan Lubang Cacing?

Menurut Pendapat Saya

Wormhole ini merupakan suatu jalan atau terowongan ruang dan waktu yang dapat di lalui oleh pesawat luar angkasa untuk mencapai suatu tempat.Sedangkan Lubang Hitam merupakan lubang yang tercipta karena suatu bintang yang kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi sehingga bintang sekarat dan meledak atau ledakan supernova ,ledakan ini menyebapkan terciptanya bintang-bintang yang baru termasuk lubang hitam.

   Baca : Jika 2 Lubang Hitam Berdekatan,Maka hal Ini yang Akan Terjadi!

Menurut Pendapat Ilmuan

Nama lubang hitam pertama kali di gunakan oleh John Archibald Wheeler pada tahun 1957.Tetapi,pada tahun 1921 ilmuan asal jerman Hermann Weyl telah mengusulkan teori lubang hitam ,kurang lebih begini isinya.

Wormhole ini artinya terowongan ruang dan waktu. tidak mirip Lubang Hitam yg hanya mempunyai satu bukaan (satu jalur), maka wormhole memiliki dua bukaan (dua jalur). sebab itu memungkinkan berasal teori ini bahwa kita bisa mundur ke waktu yg sudah berlalu. walaupun mekanismenya terkait erat dengan eksistensi materi eksotic, yang bermassa negatif, dengan impak gravitasi negatif, untuk memanipulasi geometri ruang-waktu. Hanya saja hal ini memerlukan tenaga yang teramat sangat tinggi bisa di bilang hampir tidak masuk akal dalam kapasitas manusia.

Menurut Hermann wormhole ini posisinya di dalam Lubang Hitam,Diteorikan wormhole mempunyai momentum angular (berotasi). Utamanya wormhole hanyalah sekedar teori serta hipotesa penyelesaian persamaan medan Einstein. tidak terdapat informasi wormhole ada. Bahkan secara teori pun wormhole tidak mungkin ada.

Bagaimana pendapat kalian? ,apakah benar wormhole itu berada dalam Lubang Hitam? ,bukannya lubang hitam itu berbahaya? ,mungkin saja kita memerlukan waktu dan momentum yang pas untuk menemukan dan memasuki wormhole ini sebelum Black Hole yang melahap kita.

Kesimpulan

Wormhole ini mungkin masih di katakan sebagai misteri ,karena posisinya belum pasti dimana dan kapan terbentuk,terutama apakah bendar keberadaannya.Cukup sekian semoga bermanfaat.(ogi/giispace)


EmoticonEmoticon