Sunday, May 28, 2017

Udah tau Misi Spektakuler NASA di Masa Depan?


GiiSpace - NASA ,apa yang di pikiran kalian kalo mendengar nama ini? .Luar Angkasa,Planet,Astronot pastinya.Selama kurang lebih 50 tahun NASA telah menjelajahi alam semesta ,sambil terus menerus mengembangkan teknologi-teknologi tercanggih.Teleskop Hubble conothnya ,yang merupakan proyek terbesar pada masanya ,yang menghabiskan dana US$ 1,9 Miliar.Serta tahun 2018 nanti akan di gantinya teleskop hubble dengan "James Webb Space Teleskop"

Badan Antariksa Terbesar bahkan di Dunia milik Amerika Serikat ini telah berpengalaman mengirim manusia seperti ke Bulan,mendaratkan Rovers(robot) ke mars serita menjelajahi panasnya Merkurius dan Saturnus. Berikut Misi Spektakuler NASA di Masa Depan.

1.INSIGHT (5 Mei 2018).

Kita mulai dari tahun terdekat dulu,yakni 2018 nanti NASA akan meluncuran proyek spektakuler pertamanya yang bernama INSIGHT (Interior Exploration using Seismic Investigations), dengan memakan anggaran sebesar USD 150 juta ,lantas apa fungsi INSIGHT sekaligus tujuan misi ini? Tujuannya adalah untuk menempatkan sebuah stasioner di permukaan Planet Mars yang dilengkapi dengan pipa pendeteksi panas dan seismometer.Hal ini akan membantu para ilmuwan dalam memahami evolusi Planet Mars sebagai planet berbatuan tersebut. INSIGHT ini mendeteksi tingkat panas yang berasal dari kerak mars atau bagian paling dalam Planet Mars dan juga mengeksplorasi ketebalan, ukuran, kerapatan dan struktur lapisan kerak Mars.Hebat bukan?

2.James Webb Space Telescope (Oktober 2018)



Nah yang ini sudah kita bahas sebelumnya James Webb Space Telescope ini adalah teleskop yang akan menggantikan sang legendaris yaitu Hubble Telescope ,

Baca Selengkapnya : Teleskop Hubble Akan di Ganti?

Teleskop canggih rencananya akan diluncurkan dari Guyana Prancis dengan menggunakan roket Ariane5 sebagai pendorongnya.dan yang pastinya teleskop terbaru ini akan sangat membantu para ilmuan seluruh dunia untuk mengembangan penelitian dalam dunia Astronomi

3.EUCLID (April 2020)


Tujuan utama misi ini adalah untuk lebih tahu/memahami materi dari energi gelap yang selama ini menjadi misteri di luar angkasa itu sendiri.Fungi Euclid ini untuk mengukur pergeseran galaksi merah pada jarak yang bermacam-macam dari Bumi.EUCLID sendiri memakan dana sebesar USD 540 juta

4.Mars Rover (Juli 2020)

Robot yang menghabiskan dana sebesar USD 2,5 miliar ini sangat penting dalam dunia astronomi ,termasuk penelitian terhadap planet Mars .Rover ini akan menyelidiki struktur geologi permukaan planet Mars dan kehidupan di Mars pada masa lalu ataupun kehidupan di jaman sekarang.Selama di sana rover akan mengumpulkan bebagai macam sampel batuan dan tanah untuk bahan penelitian di masa depan,yang nantinya akan membantu para ilmuwan memahami kondisi planet Mars dan bahaya yang ditimbulkan oleh debu Mars.


5.NISAR (2020)

Proyek yang tak kalah penting ini bernama NISAR (NASA-ISRO Synthetic Aperture Radar) proyek yang menghabiskan data sebesar USD 1 miliar ini berfungsi sebagai penginderaan jarak jauh dalam menyelidiki proses perubahan alami yang terjadi di Bumi termasuk tanah longsor, runtuhan lapisan es, gangguan ekosistem, gempa Bumi, gunung berapi dan tsunami.,wah canggih bukan?

6.WFIRST (2020)


WFIRST (WIDE FIELD INFRARED SURVEY TELESCOPE) proyek yang menghabiskan dana sebesar USD 2,7 miliar ini berfungsi untuk melakukan survei tata surya dalam cakupan yang luas sekaligus mencari jawaban atas pertanyaan dikalangan ilmuwan tentang deteksi exoplanet dan energi gelap.
Instrumen Wide Field ini konon katanya mempunyai 100 kali lebih besar dari instrumen inframerah Teleskop Hubble.Instrumen ini akan mengukur cahaya dari Satu(1) miliar galaksi, dan akan melakukan survei mikrolensing pada Galaxy Bima Sakti untuk mencari keberadaan 2.500 exoplanets diluar tata surya.

7.LUCY (Oktober 2021) Dan PSYCHE (Oktober 2023)

Proyek yang memakan dana sebesar USD 450 juta ini memiliki fungsi berbeda yaitu untuk membuka hal baru tentang sejarah awal dalam tata surya kita, di perkirakan 10 juta tahun setelah munculnya matahari.
Menurut informasi dari Thomas Zurbuchen (seorang staf ahli Direktorat Misi Sains Nasa di Washington), Lucy akan mengeksplorasi lingkungan asteroid misterius yang selama ini dirahasiakan Nasa, sementara Psyche akan mengeksplorasi sebuah asteroid lain yang mempunyai kandungan mineral unik dan belum pernah tercatat dalam ilmu geologi sebelumnya. Thomas menambahkan, jika misi ini berhasil! maka akan menjadi misi penemuan luar biasa sepanjang sejarah. (credit:kaskus)

8.EUROPA CLIPPER (2022)


Proyek ke-8 ini berfungsi untuk melakukan pembelajaran terperinci tentang tanda-tanda kehidupan di bulan Jupiter yang bernama Europa.Konon NASA akan menggunakan 9 instrumen sains untuk misi ini, seperti kamera dan spektrometer untuk menghasilkan gambar permukaan bulan Europa dengan resolusi super tinggi.

9.OCO-3 (Belum Ada Keputusan Dari NASA)


Nah yang terkahir ini bernama OCO-3 (ORBITING CARBON OBSERVATORY 3) yang memakan dana sebesar USD 150 Juta .Fungsi dari OCO-3 ini adalah untuk menyelidiki distribusi karbon dioksida di Bumi akibat pertumbuhan populasi manusia dan perubahan pola pembakaran bahan bakar fosil.

Nah itulah ke-9 Misi spektakuler NASA,semoga bermanfaat untuk dunia astromoni dan kita semua ,ammin .terimakasih.


EmoticonEmoticon