Monday, May 29, 2017

Alasan Logis Mengapa Kita Sulit Hidup di Mars

GiiSpace - Mars atau planet merah ,planet ini merupakan prioritas utama dalam proses penelitian oleh NASA ,apalagi baru baru ini NASA menemukan kandungan air di permukaan planet tersebut.
Namun apakah ini benar? ,tentu masih menjadi misteri bisa di bilang hanya NASAlah yang tau ,dan yang pasti NASA memang mencari cari titik terang apakah planet yang memiliki bulan Phobos dan Deimos ini akan bisa dihuni umat manusia bumi di masa mendatang nanti.
Meski belum jelas ,beberapa peneliti mengangkap kemungkinan sangat kecil untuk tinggal di planet mars,ada alsan yang login mengapa kita susah atau sulit untuk tinggal di mars,berikut alasannya.

1.Radiasi di Mars Berbahaya

Di jelaskan oleh peneliti NASA planet mars memiliki tingkatan radiasi yang tinggi, terdapat dua kandungan radiasi sangat berbahaya bagi manuisa di Mars, di antaranya ada Solar Energetic Particles (SEPs) dan Galactic Cosmic Rays (GCRs).Keduanya bisa menghancurkan manusia jika manusia tidak memakai baju anti radiasi tersebut.

2.Temperatur Ekstrim

Temperatus menurut saya menjadi masalh terbesar jika kita tinggal di mars,mengapa? ,coba bandingkan temperatur rata-rata di Bumi adalah sekitar 57 derajat Fahrenheit (14 derajat Celsius). Namun, temperatur rata-rata di Mars berada di suhu sekitar -81 derajat Fahrenheit (-63 derajat Celsius) hal ini sulit untuk kita tinggal di mars tanpa di lengkapi alat yang canggih.

3.Atmosfer yang Memiliki Kandungan Berbahaya

Coba bandingkan lapisan atmosfer Bumi 100 kali lebih padat daripada lapisan daripada atmosfer Mars. Lapisan atmosfer Bumi terbuat dari 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen dan 1 persen kumpulan gas. Sedangkan mars memiliki kandungan karbondioksida di dalamnya sebanyak 96 persen yang mana sangat beracun bagi kita sebagai manusia. Sisa lapisan atmosfer memiliki kandungan kumpulan gas argon, nitrogen, dan gas berbahaya lainnya.

4.Gravitasi Kecil

Mungkin di masa depan nanti kita bisa di lengkapi alat canggih untuk mengakali tingkat gravitasi yang rendah di mars namun ini masih menjadi pertimbangan para ilmuan. Tingkat gravitasi di Mars cuma sebesar 38 persen sehingga masih bisa memungkinkan bagi para manusia untuk dapat berjalan di Mars maka kita akan seperti mengambang.
Sementara di Bumi, tubuh manusia bisa menerima kondisi gravitasi `One-G` yang bisa menggerakan skeletal, muscular, cardiovascular-nya dengan baik untuk manusia.

5.Bakteri yang Berbeda Dengan Bumi

Ekosistem di sana tentu berbeda dengan bumi ,seperti ekosistem mikroba yang ada di mars tersebut sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan Bumi.Jadi kita tidak tahu apakah microba itu berbahaya bagi tubuh atau tidak.

6.Kondisi Mental

Ini menurut saya hal utama ,mengapa? tentu jelas mental kita akan merasakan hal yang bebeda di sana ,belum lagi proses perjalanan ke mars memakan waktu 8 bulan ini tentu akan menggangu kondisi mental kita.
Maka dari itu kita (Astronot) harus di latih agar tahan banting jika di 0 gravitasi ,nah bagaimana kalau ini manusia yang lain? ,pasti tentunya sulit bukan?. (ogi/giispace)

Namun di masa depan nanti apakah kita masih punya harapan untuk pindah dari bumi? ,namun menurut NASA masih ada harapan, nanti kita akan bahas di artikel berikutnya.

Sekian semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon