Monday, July 03, 2017

Benda Langit ini Dapat Diamati dengan Teleskop Kecil Loh!

GiiSpace - Benda-benda langit yang berada di luar angaksa itu memang sangat mengagumkan dengan macam-macam warna,komen ataupun benda lainnya ,memang sangat menakjubkan untuk di pandang,pada saat kalian melihat ke langit malam hari ya pasti dominan dengan bintang dan bulan,sebaliknya jika malam hari maka yang terlihat terangnya matahari.

Mengamati benda-benda lanit menurut saya memanglah mempunyai kepuasan sendiri,dan kita lebih mensyukuri kepada sang pencipta.

Apakah kalian mempunyai teleskop? ,tidak perlu teleskop yang mahal ataupun yang bagus ,cukup teleskop sederhana saja kalian dapat melihat benda-benda langit yang jauh dari bumi ini.Penasaran? ,berikut Beberapa Benda Langit yang dapat Diamati Dengan Teleskop


1.Nebula Orion

Yang pertama ialah Nebula Orion yang merupakan benda langit yang terbuat dari kumpulan gas dan debu udara memang dapat di lihat dengan teleskop kecil,tetapi dengan teleskop kecil kita hanya melihst bintik warna sangat terang di bandingkan yang lain ,nah itu merupakan nebula.

Dengan bantuan teleskop kecil itu,kalian akan melihat benda langit yang mengesankan.Tetapi kalian tidak bisa melihat di sembarang tempat,kalian butuh peta langit untuk membimbing melihat nebula ini,bukan hanya nebula tetapi benda langit di sekiarnya juga dapat kita amati karena jaraknya cukup dekat dengan nebula ini.

2.Galaksi Andromeda

Jika nebula jaraknya masih di dalam galaksi kita,kini kita juga dapat melihat galaksi andromeda yang letaknya diluar galaksi kita,untuk melihat galaksi ini kalian juga harus menggunakan peta langi,clue untuk menemukan galaksi ini ialah bintang Cassiopeia ,Bintang Cassiopeia merupakan bintang terdekat dengan planet itu ,jadi kalian bisa melihat bintang itu jika kalian menggeser teleskop anda ke beberapa derajat.

Tips untuk menemukan galaksi ini,karena letaknya cukup jauh ,Syaratnya langit tidak tercemar polusi udara,nah bagi kalian yang tinggal di pedesaan cukup berntung untuk melihst galaksi ini.

3.Gugus Bola Hercules

Gugus bola hercules adalah kumpulan bintang yang berbentuk bola yang mengorbit inti galaksi sebagai satelit.Karena terikat oleh gravitasi maka dari itu ia berbentuk bola dan kepadatan bintang yang cukup tinggi.

Benda langit ini telaknya 25.000 tahun cahaya ,dengan letaknya cukup jauh tetapi karena sinarnya cukup terang dan lebarnya sekitar 150 tahun cahaya jadi benda ini terlihat jelas sekaligus menjadi sarsaran utama dalam mengamati benda langit yang satu ini.

Tips untuk melihat kumpulan bintang-bintang ini pada saat musim panas dan pada saat fase (New Moon) atau bulan baru,karena bulan baru cahayanya relatif tidak terlalu terang.Hercules ini terletak pada 20 derajat di sebelah barat dari konstelasi Lyra.

4.Nebula Kepiting

Sebelumnya nebula sekarang nebula lagi ,karena sifat nebula ini sangat terang,kali ini namanya Nebula Kepiting ,nebula ini tercipta dari ledakan supernova pada tahun 1054 Masehi dan cahayanya masih bisa di lihat hingga sekarang.

Karena sangat terang duku nebula ini pun dapat di lihat pada siang hari,tetapi sekarang mulai meredup sehingga dapat di lihat hanya pada malam hari.

Tips untuk melihst nebula ini posisinya di tanduk selatan rasi bintang Taurus,untuk melihat nebula ini cukup sulit di daerah yang berpolusi udara ,jadi lebih tepat pada saat tidak ada polusi udara pada malam hari.


5.Whirlpool Galaxy

Yang terakhir ialah galaksi Whirlpool atau sering di sebut dengan galaksi pusaran ,galaksi ini merupakan galaksi terbesar yang bisa di lihat dengan telekop kecil,coba kalian amati gambar di atas,itu terdapat dua buah galaksi bukan? ,nah hal itu terjadi karena pada zaman dulu atau miliaran tahun lalu galaksi ini bertabrakan dengan galaksi tetangganya hingga menyatu menjadi seperti itu.

Tips untuk menemukan galaksi ini terletak sekiar 3,5 derajat di arah tenggara dari bintang terakhir di rasi bintang Ursa Major.Galaksi ini termasuk galaksi polupel di kalangan astronom profesional karena masih menyimpan misteri di dalamnya.

Bagi kalian yang belum mempunyai peta langit download disini


Kesimpulan

Bagaimana dengan artikel diatas ,kalian kurang mengeri?  ,yap memang ilmu astronom cukup sulit untuk di pelajari secara otodidak ,karena kita membutuhkan pendamping atau guru yang lebih paham dengan ilmu astronomi ,untuk mengamati alam semesta yang penuh misteri ini.Sekian semoga bermanfaat.(ogi/giispace)



Referensi : infoastronomy , wikipedia.org


EmoticonEmoticon