Monday, July 03, 2017

Bagaimana Jika 2 Lubang Hitam Saling Berdekatan?

GiiSpace - Lubang hitam merupakan salah satu misteri terbesar yang menyelimuti alam semesta ini,sifatnya yang tidak terlihat tapi memiliki gravitasi yang sangat kuat sehingga kecepatan cahaya pun tidak bisa lepas saat setelah memasuki lubang penuh misteri ini.

   Baca : Apa Jadinya Jika Manusa Masuk Kedalam Black Hole?

Lubang hitam ini tercipta karena adanya ledakan supervona ,ledakan supernova ini tercipta karena bintang yang akan mau mati ,alias bintang sekarat sehingga bintang membesar melebihi ukuran awalnya yaki 10x labih besar ,setelah bintang membesar bintang akan meledak yang maha dahsyat yang dapat menciptakan planet-planet baru termasuk black hole ini.

   Baca : Siklus Kehidupan Bintang di Alam Semesta

Setelah kalian membaca kalimat di atas ,kalian pasti berfikir bahwa lubang hitam sangat-sangat berbahaya ,lalu bagaimana jika 2 lubang hitam sekaligus berdekatan? ,berikut hal yang mungkin terjadi kita Lubang Hitam berdekatan.

Lubang Hitam Akan Bertabrakan.

Satu lubang hitam saya sudah sangat mengerikan karena sifat menghisapnya ,apalagi 2 ,hal ini mengakibatkan 2 lubang hitam bertabrakan dan saling hisap satu sama lain.Setelah mereka bertabrakan lama kelamaan mereka akan bergabung dan memiliki ukuran 2-3 kali lipat dari sebelumnya.

Hal ini tentu berdampak cukup mengerikan karena terciptanya dua luang hitam yang bergabung,dan mempengaruhi ruang dan waktu.Setelah miliaran tahun "Riak" dari bergabungnya dua lubang hitam tersebut sampai ke bumi pada tanggal 4 januaru 2017.

Berikut video simulasi jika 2 Lubang Hitam saling bertabrakan. Sumber video youtube.com ,Simulation of GW170104.Max-Planck-Institut für Gravitationsphysik (Albert-Einstein-Institut)

Setelah melihat video di atas apakah kalian sudah memahaminya?.

Gelombang dua black hole ini berhasil di deteksi oleh detektor kembar Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO). Baru-baru ini, temuan gelombang gravitasi  langsung dipublikasikan dalam Physical Review Letters.

Menurut Harald Pfeiffer,seorang peneliti asal University of Toronto ,Canada. "Dari penemuan ini,kita bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana bintang meledak".

Semua teori tentang Lubang Hitam ini di dasari oleh Albert Einstein mulai berbagi teori relativitas tahun 1915, tidak terdapat yang berpikir bahwa di masa depan bakal ditemukan cara buat mengamati gelombang gravitasi. namun, di tahun 2016, untuk pertama kalinya di dunia, gelombang gravitasi terdeteksi oleh ilmuan, membuktikan bahwa dugaan Albert Einstein tepat dengan teorinya pada zaman dulu. The Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory atau di singkat dengan LIGO memberi para ilmuwan cara baru mengamati lubang hitam serta info perihal kenyataan alam ini.

Tabrakan antara lubang hitam yg terakhir terdeteksi terjadi antara dua lubang hitam yg memiliki masa 31 serta 19 kali surya. berasal tumbukan ini, timbul lubang hitam baru yang setara menggunakan 49 kali massa matahari serta sisa massa lainnya berubah menjadi energi graviratasi. Umur ukiran ini 2 kali lebih tua berasal goresan lubang hitam yg pertama terdeteksi serta letaknya 2 kali lebih jauh berasal goresan pertama. Bila yg pertama terjadi 1,3 miliar tahun kemudian, ledakan ke 2 terjadi 1,4 miliar tahun yang lampau.

Dengan adanya teori ini juga memudahkan ilmuan untuk mendeteksi lebih lanjut mengenai lubang hitam ini.Jika Albert Einstein tidak mempublikasikan teori tersebut mungkin saja para ilmuan agak sedikit kebingungan dengan hal ini. (menurut saya)

Kesimpulan

Dengan hal ini kita juga dapat mempelajari tentang lubang hitam ini,sekaligus menambah wawasan kita mengenai ilmu astronomi.Sekian semoga bermanfaat,(ogi/giispace).


EmoticonEmoticon