Saturday, June 24, 2017

Planet Jupiter Telah Mempunyai Dua Bulan Baru

GiiSpace - Planet terbesar di tata surya kita ialah Planet Jupiter ,yang memiliki ukuran lebih besar 4x dari bumi tercinta ini.
Baru-baru ini planet raksasa itu mempunyai dua bulan baru,Ceritanya dua bulan baru ini di temukan oleh ilmuan staff DTM Scott Sheppard dan David Tholen dari Universitas Hawaii dan Chadwick Trujillo darti Northern Arizona University ,awalnya mereka sedang mencari planet X atau planet baru di sekitaran Jupiter ,namun siapa sangka mereka menemukan banyak bulan yang "hilang" di samping itu terdapat dua bulan yang mereka sebut S / 2016 J 1 Dan S / 2017 J 1 kedua bulan itu berjarak 13 Juta Mil (21 Juga KM) dan 15 Juta Mil (24 Juta KM).

Sebelumnya pada tahun 2003 ditemukan juga bulang yang "Hilang" di daerah Jupiter ,tapi tim penemu tidak memiliki banyak informasi tentang bulan itu sehinga astronomi kehilangan jejak mereka dan akhirnya bulan itu di anggap hilang.

Pada tahun ini Team Sheppard kembali mengkoreksi ulang data hasil penelitian pada tahun 2003 lalu dan akhirnya mereka menemukan 5 bulan yang hilang tersebut termasuk 2 bulang baru.
Para ilmuan dua bulan baru itu adalah bulan yang hilang pada tahun 2003 lalu ,namun setelah di teliti dan akhirnya di konfirmasi bahwa bulan S / 2016 J1 dan S / 2017 J 1 itu bukalah bulan yang hilang ,tetapi bulang yang baru di temukan.

Beda halnya dengan bumi,bumi hanyak memiliki satu bulan yang setiap malam menyinari kita ,berbeda dengan jupiter hingga saat ini ia sudah memiliki 69 bulan (termasuk 2 yang baru).
Alam semesta ini memang unik dan beragam sehingga dapat menambah wawasan kita tentang hal ini.

Hal ini juga dapat menamah wawasan kita di dalam dunia astronomi ,semoga bermanfaat (ogi/giispace)


EmoticonEmoticon