Wednesday, June 14, 2017

Planet Mirip Bumi,yang Kemungkinan 'Ada' Kehidupan


GiiSpace - Keberadaan alien atau makhluk luar angkasa memang menjadi tanda tanya besar baru umat di bumi ini ,mulai dari dimana mereka tinggal,bagaimana bentuk mereka dan yang kebanyakan menurut saya apakah alien pernah mengunjungi bumi?
Para ilmuan ataupun arkeolog juga pernah menemukan beberapa tanda bahwa alien itu pernah mengunjungi bumi ,seperti lukisan-lukisan jaman dulu yang menggambarkan orang yang aneh dan mempunyai tekonlogi yang sudah maju.
Baca : Pemburu UFO Klain Temukan Fosil Aneh,Alien kah?
Yang akan jadi pembahasan kita hari ini adalah dimanakah alien tinggal? ,ya pastinya di planet-planet atau bintang-bintang di luar angkasa sana ,nah yang jadi pertanyaannya apakah alien bisa bertahan hidup di planet-planet ekstrim luar angkasa?.
Planet di luar angkasa itu banyak jenisnya adalah paling dingin,paling berbahaya,paling panas dan sebagainya ,ada juga beberapa planet yang "Hampir" mirip dengan bumi yang menurut para ilmuan ada kehidupan di sana.Berikut planet-planet yang mirip dengan bumi.

1.Titan


Titan planet pertama yang kita bahas namun menurut saya adanya tanda kehidupan di sana kecil ,karena suhu di sana lumayan ekstrim ,titan permukaannya mempunyai air dan sebagian es yang membeku ,disana juga terdapat sungai,danau,bahkan lautan yang luas yang terdiri dari hidrokarbon yaitu suatu campuran antara Hidrogen dan Karbon.
Jika di bumi Hidokarbon itu seperti gas metana atau propana ,planet atau lebih di sebut dengan bulannya saturnus ini memang belum di teliti atau eksplorasi lebih jauh oleh para ilmuan maupun astronomi.

2.Europa

kedua ada planet yang bernama Europa ,permukaan eruropa juga memiliki air yang menjadi hal utama dalam kedupan.Europa diduga memiliki semua unsur kehidupan ,seperti air,sumber-sumber energi,campuran-campuran kimia,namun dalam penelitian air disana berada dalam samudra di bawah permukaan Europa.
Pada awal 2017 para ilmuan juga berhasil mengeksplorasi planet ini tapi hasil dari eksplorasi planet ini juga membutuhkan waktu bertahun-tahun di karenakan ilmuan meneliti secara detil planet Europa ini.

3.Enceladus


Planet yang berada dekat dengan Saturnus ,Para ilmuan berpendapat bahwa planet ini berpotensi memiliki kandungan air,Air di planet ini sama halnya seperti Planet Europa yang airnya berada di dalam permukan.
Tidak hanya itu para ilmuan berpendapat bahwa di sana ada kehidupan tapi hanya microba ,seperti halnya pada bumi pada jaman jutaan tahun lalu ,didalamnya hanya terdapat microba.

4.Ganymede

Ganymede merupakan bulannya Planet Jupiter,para ilmuan berpendapat bahwa planet ini memiliki air ,namun terletak pada kerak permukaan planet ini, Granymede memiliki samudera yang konon arinya lebih banyak daripada bumi.
Fakta lainnya planet ini pernah mengalam banjir ketika air menembus celah-celah kerak Ganymede dan akhirnya naik ke permukaan.
Pada akhir 2016 ,tidak ada misi untuk menjelajahi Planet ini ,tapi para ilmuan mempersiapkan perangkat bernama JUICE (JUpiter ICy moon Explorer) untuk menjelajahi bulan yang di sekiar Jupiter yang akan memakan waktu bertahun-tahun.

Itulah beberapa planet yang kemungkinan memiliki kehidupan yang terletak di wilayah tata surya ,namun yang kita ketahui ada banyak sekali galaksi di dunia ini salah satunya ialah Galaxy Bima Sakti yang di dalamnya ada Bumi ,apakah mungkin di dalam Miriaran galaxy di luar sana tidak ada kehidupan?.
Lantas apakah mungkin kita bisa mengeksplorasi seluruh isi galaxy di dunia ini ? ,sedangkan saja galaxy kita belum semuanya tereksplorasi ,mungkin kita membutuhkan teknologi super canggih untuk melewati ruang dan waktu dalam hitungan detik. (ogi/giispace)


EmoticonEmoticon