Sunday, July 02, 2017

Hal yang Akan Terjadi Ketika Menembakkan Peluru di Luar Angkasa

GiiSpace - Apakah kalian pernah berfikir bagaimana jika kita menembakkan peluru di luar angkasa?,Bagi kalian yang hobi main game FPS atau Shooting ,pasti tidak asing lagi dengan yang namanya game Call Of Duty : Ghosts The Outer Space Mission game yang berlatar belakang perang di luar angkasa melawan alien ,itu hanya di dunia game ,lalu bagaimana jika hal itu nyata?.

Sebelum membahas lebih jauh masalah penembakan di luar angkasa,ada baiknya kita mengetahui hal ini,secara teori membawa senjata tajam (kecuali alat medis) ke luar angkasa itu tidak di bolehkan dan telah di sepakati oleh negara di seluruh dunia ,tapi nyatanya hal itu masih di langgar oleh salah satu astronot yang penasaran dengan hal ini,ia memasukan pistol ke dalam kotak medis.

Oke kembali ke topik , Jawabannya bisa terjadi kita bisa menembakan peluru ke luar angkasa dan akan bekerja dengan baik walaupun tidak ada oksigen ataupun grafitasi.Hal ini terjadi karena didalam sebutir peluru itu ada bubuk mesiu ,bubuk itu punya bahan oksidasi sendiri yang di butuhkan dalam proses pembakaran.

Tapi walaupun bisa menembakan peluru di luar angkasa ,tentu berbeda jika kita menembakan peluru di bumi ,berikut perbedaannya.

1.Suara

Saat kita menembakan di bumi,apa ada suara "dor" atau suara letupan ,lain halnya jika di luar angkasa tidak ada letupan yang terjadi alias tidak ada suara hanya gumpalan asap dan peluru yang dapat kita lihat.

2.Pergerakan Peluru

Jika di bumi kita menembakkan peluru secara lurus,peluru akan melesat dan berhenti karena tepat sasaran ,jikalau tidak tepat sasaran peluru akan jatuh dengan sendirinya kanrena adanya tarikan grafitasi.
Sedangkan di luar angkasa peluru lebih tepat sasaran jika kita menembak ke target,karena peluru tidak ada hambatan udara untuk melesat.Tetapi jika peluru tidak menepati sasaran maka peluru akan terus melesat tanpa henti,yap tanpa henti karena tidak adanya tarikan grafitasi yang membuat peluru itu berhenti,kecuali peluru menabrak asteroid atau benda-benda luar angkasa lainnya.

3.Penembak Akan Terpental

Dalam proses ini hukum Newton 3 yang berlaku didalamnya "Untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah: atau gaya dari dua benda pada satu sama lain selalu sama besar dan berlawanan arah" (wikipedia.org)

Contoh hukum Newton 3:Jika seseorang menggunakan sepatu roda dan mendorong dinding,maka dinding akan mendorong kita sebesar sama dengan gaya yang kita keluarkan ke dinding itu tetapi arahnya berlawanan,sehingga orang yang mendorong tersebut akan menjauhi dinding.
Jika dalam proses penembakan di bumi ,kaki manusia berdiri tegap di atas tanah itu karena grafitasi bumi yang membuatnya bisa menginjakan kaki ke tanah,jikalau menembakan peluru maka kita akan tersentak jika tolak baliknya kuat.

Lain halnya di luar angkasa ,dalam posisi yang mengambang kita menembakan peluru yang daya tolaknya cukup kuat ,maka kiat akan terpental cukup jauh karena tidak adanya gaya grafitasi yang membuat kita tetap di bawah.

Kesimpulan

Setelah kita membaca artikel di atas ,kita dapat menyimpulkan bahwa tindakan menembakan peluru di luar angkasa itu cukup berbahaya,maka dari itu seluruh pihak dunia sepakat untuk tidak membawa senjata tajam (kecuali alat medis) terutama senjata api.(ogi/giispace)

Sekian semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon