Saturday, July 01, 2017

Hal yang Akan Terjadi Jika Manusia Bergerak dalam Kecepatan Cahaya

GiiSpace - Menurut wikipedia kecepatan cahaya adalah sebuah konstanta fisika universal yang terpenting dalam fisika.Menurut fisika nilai persisnya adalah 299.792.458 meter/d.
Menurut saya singkatnya ialah kecepatan cahaya merupakan kecepatan maksimum pada benda untuk bergerak.

Kalian pasti pernah menonton film-film hollywood atau ada movie yang bergendre Sc-fi ,pasti kalian pernah melihat sebuah benda contohnya pesawat luar angkasa yang memiliki kecepatan yang sangat cepat ,sehingga mereka dapat sampai ke planet-planet dengan waktu yang sebentar,itu merupakan suatu gerak yang di namakan kecepatan cahaya.

Tapi hal semua itu ialah hanya di sebuah film ,lantas bagaimana jika hal ini nyata? ,apakah yang akan terjadi pada manusia jika mempunyai kekuatan atau alat yang mampu membuat yang memakai mempunyai kekuatan bergerak dengan kecepatan cahaya.

Berikut hal yang "Kemungkinan" terjadi pada manusia jika bergerak dengan kecepatan cahaya.

1.Kontraksi

Hal yang pertama mungkin terjadi kepada setiap orang yang melihat benda yang bergerak dengan kecepatan cahaya ,yang di lihat orang kita akan terlihat kecil dan mengecil.Tapi lain di sisi kita ,kita akan melihat semua benda berjalan atau bergerak kebelakang yang juga hampir mendekati kecepatan cahaya.

Lantas bagaimana kedaan organ tubuh kita? ,kemungkinan kita akan terasa pusing,mual atau bahkan muntah karena kita bergerak dengan sangat cepat.Itu karena tubuh kita tidak terbiasa dengan hal itu ,contohnya saja begini ,kalau kita keseringan berbaring ,lalu kita berdiri maka kita akan merasakan pusing ,nah seperti itu juga jika kita mengalami kecepatan cahaya.

2.Melamatnya Waktu

Hal ini disebut dengan dilation atau dalam bahasa indonesia adalah delasi ,Artinya jika kita bergerak mendekatan kecepatan cahaya kita akan merasakan waktu yang sangat lambat,umur kita pun bisa melambat.

Jika kita bergerak dengan kecepatan cahaya keluar dari bumi lalu kita kembali ke bumi ,kita akan menemukan fakta yang mencengangkan ,contohnya jika kita pergi ke jarak 1 tahun cahaya ,normalnya kita akan bergerak selama 1000 tahun ,nah jika kita memiliki kecepatan cahaya kita dalam melesat hanya dengan satu tahun dari bumi dan pulang ke bumi juga memakan waktu satu tahun ,jadi kita hanyak memakan waktu 2 tahun.Otomatis umur kita baru bertambah 2 tahun ,tapi berbeda dengan bumi mungkin saja sudah di tahun 3017.Itulah yang di namakan delasi.

Contohlainnya,misalkan ada kakak dan adik yang memiliki berpedaan dengan umurnya ,contoh kakak berusia 25 tahun dan adik berusia 5 tahun.Kemudian sang kakak melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya ke luar angaksa.setelah 5 tahun di luar angkasa, sang kakak kembali ke bumi.Namun di bumi ternyata waktu sudah berlangsung selama 50 tahun.Sang kakak umurnya baru 30 tahun karena sang kakak hanyak memakan waktu 5 tahun. Namun adiknya sudah 55 tahun karena perbedaan waktu yang sangat jauh.Inilah yang disebut dilasi waktu. Waktu akan berjalan lebih lamban jika kita bergerak mendekati kecepatan cahaya atau bahkan lebih.

Jika penjelasan saya kurang jelas coba tonton video ini:

Cedit:youtube.com - https://youtu.be/KHjpBjgIMVk


3.Banyak Energi yang Terbuang

Ambil saja contohnya kalian berlari tanpa henti hingga jarak 1-2 km ,pasti kalian merasa capek.Menurut fisika energi suatu partikel adalah E-mc2 .Apakah kalian tahu rumus energi kinetik? yap rumusnya ialah 1/2 mv2 .ini rumus normal ,nah bagaimana jika bergerak dengan kecepatan cahaya? ,maka rumus itu bisa berkali-kali lipat dari normalnya.

Coba perhatikan grafik di bawah ini:

Grafik kecepatan normal vs kecepatan cahaya
Grafik

Garis ungu adalah formula lama untuk energi kinetik.
Garis merah merupakan energi yang sebenarnya (relativistic).
 Apakah kalian sanggup? Anda tidak akan pernah benar-benar sanggup mencapai kecepatan cahaya, tapi bahwa energi itu mendekati tak terbatas (infinity).

No SARA!
Kalian yang muslim pasti pernah mendengar cerita Isra' mi'raj bukan ,yakin nabi Muhammad S.A.W bersama Nabi Jibril mengendarai hewan yang khusus di ciptakan Allah S.W.T bernama Buroq yang tercipta dari cahaya.Nabi terbang melesat dengan kecepatan cahaya atau bahkan lebih ,yang menembus langit-langit hingga langit ke tujuh yang hanya memakan waktu semalam.

Nah hal ini bisa dapat kita simpulkan bahwa Relatifitas atau relativistic itu seperti tidak terbatas ruang dan waktu.

Kesimpulan

Banyak orang berkata ,tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha ,tapi bagaimana kalau hal yang kita usahakan itu telah lebih dari batas manusia? ,tentu tidak mungkin bukan.Contohnya manusia terbang seperti layaknya burung tanpa menggukanan alat ,apakah bisa? ,tentu tidak ,nah itulah contoh simpel dari hal yang lebih dari batas manusia.

Tapi tidak bagi tuhan ,tidak ada yang tidak mungkin bagi tuhan ,contohnya ialah yang menciptakan alam semesta berserta isinya.(ogi/giispace)

Mohon maaf apabila ada kesalahan ,jika ada kesalahan pada artikel ini mohon di koreksi ,karena saya sangat senang apabila ada orang yang mengkoreksi kesalahan saya sendiri dan akan di perbaiki.


EmoticonEmoticon