Saturday, July 01, 2017

Apasih Tujuan Utama Astronom Menemukan Planet Asing?


GiiSpace - Ada ribuan bahkan jutaan planet di alam semesta yang luas ini ,termasuk planet kita sendiri yakni Bumi dan planet di sekitar bumi seperti mars ,venus dan sebagainya.
Hingga tahun ini astronom sudah menemukan lebih dari 4 (empat) ribu planet asing di luar angaksa.

Kalian pasti berfikir kenapa sih astronom mencari planet asing? ,bukankah bumi saja cukup untuk manusia tinggal? .Ya memang kita tidak dapat semua mengunjungi planet-planet tersebut ,kecuali kita memiliki teknologi yang dapat melesat dengan kecepatan cahaya ,mungkin kita bisa mengunjungi planet-planet teersebut ,tapi tidak semua planet yang memiliki kondisi alam yang sama seperti bumi sehingga kita bisa seenaknya menjelajahi planet,

Setiap planet itu pasti berbeda-beda ,contohnya saja planet terdekat matahari kita yakni Merkuris ,apakah bisa kita mengunjungi planet yang dekat matahari tersebut ? ,yang memiliki suhu sangat panas.Nah sebenarnya bukanlah menjelajah planet-planet tujuan utama astronom menemukan planet-planet tersebut ,melainkan untuk mengetahui apa saja isi dari alam semesta yang super luas ini dan juga sebagai ilmu pengetahuan ,bagi astronom menemukan suatu hal yang baru merupakan kepuasan bagi diri sendiri.

Dengan menemukan planet-planet terbaru ini otomatis dalam jangka pendek kita dapat mempelajari asal usul dari planet ini,seperti kapan dia terbentuk dan bagaimana kondisi permukaannya ,itulah tujuan utama dalam menemukan planet baru ini.

Jika dalam jangka panjang astronom dapat meneliti lebih luas pada planet-planet tersbut ,contohnya mengetahui kandungan apa saja yang dapat di temukan di permukaan planet tersbut ,atau mungkin hal-hal mengejutkan lainnya ,contohnya menemukan kehidupan mahkluk hidup yang masih berukuran micro organisme.

Seperti halnya kita ketahui ,dulunya bumi bukan seperti sekarang ini ,tetapi bumi masih dengan kondisi yang sangat panas lalu mendingin ,dan berisi micro organsime ,setelah berevolusi bermiliar-miliar tahun barulah mahkluk raksasa di ciptakan di bumi ,setelah mengalami evolusi lagi barulah manusia tercipta ,bukankah mempelajari hal yang baru itu menarik?.

Nah mungkin saya planet lain atau planet asing juga seperti itu ,contohnya Mars yang katanya kemungkinan ada kehidupan atau kita bisa tinggal disana ,ya walaupun kondisi mars dan bumi sangat berbeda ,permukaan mars tidak memiliki tumbuhan atau gersang beda halnya bumi yang memiliki untur lengkap untuk mendukung kehidupan.

Mungkin saja ratusan atau miliarn tahun lagi Mars berevolusi menjadi planet seperti bumi yang memiliki kehidupan.dan di tinggali oleh mahkluk hidup seperti hewan melata atau bahkan ada manuisa tinggal disana.

Kesimpulan

Mempelajari hal yang baru merupakan hal yang sangat menarik ,dan menambah wawasan kita,apalagi mempelajari ilmu alam semesta yang luas.Ingatlah ilmu tidak mungkin tidak berguna.(ogi/giispace)


EmoticonEmoticon