Friday, July 07, 2017

Apa yang Terdapat di Dalam Pusat Galaksi?

GiiSpace - Membahas soal galaksi mungkin tidak ada habisnya ,karena setiap galaksi memiliki masing-masing bintang dan planet atau hal lainnya yang menarik untuk di bahas atau di pelajari.Pasti sebagian kalian pernah berfikir apa sih objek yang terdapat di dalam pusat galaksi? ,apakah planet?.

Jika kalian berfikir Matahari adalah pusat galaksi ,kalian salah besar ,matahari merupakan salah satu dari milirian bintang yang di dalam galaksi Bima Sakti atau di sebut salah satu bintang yang paling berpengaruh dalam Bima Sakti.

Lantas apa isi dari pusat Bima Sakti? ,menurut Ilmuan pusat Bima Sakti terdapat lubang hitam supermasif atau lubang hitam terbesar yang memiliki massa ratusan ribu atau bahkan miliaran kali dari massa matahari kita.Terlepas dari itu baru-baru ini Astronom telah menemukan sebuah awan gas yang mengorbit di sekitar lubang hitam itu,lalu awan gas tersebut di berinama A Star,jadi awan gas lah yang membuat pusat galaksi itu berbeda atau lebih terang dari pada yang lain.

Tahun 2011, peneliti yang berasal dari Max Planck Institute for Extraterrestrial Physics atau di singkat dengan nama (MPIEP) mendeteksi awan gas yang mereka sebut G2 (bintang yg dilingkupi oleh lapisan debu serta gas), namun tak semua orang percaya terhadap penelitian itu bahwa benda itu awan gas.

Dalam studi baru-baru ini, tim yang dipimpin Oliver Pfuhl dan Stefan Gillessen dari MPIEP tentunya melacak gangguan objek yang sedang berlangsung asal medan gravitasi lubang hitam dengan memakai pengamatan inframerah yg sangat mendalam dan detail lewat Very Large Telescope.

Namun hal ini bisa di bilang sia-sia karena pusat galaksi ini tidak dapat di teleiti karena di tutupi oleh awan gas yang sangat tebal sekaligus tidak bisa dipelajari lewat spektrum warna, sinar ultraungu, maupun sinar-X.

Apakah Lubang Hitam di Pusat Galaksi Dapat Membahayakan?

Semua lubang hitam itu memang bersifat menghisap ,yang membuat area di sekitar di tershiap dan tidak dapat kabur dari hisapan itu.

lantas apakah galaksi kita bisa terhisap olehnya? ,seajuh ini belum ada penelitian oleh ilmuan tentang hal ini ,mungkin karena lubang hitam ini sangat sluit untuk dilihat apalagi di teliti.Jadi semoga saja lubang hitam ini aman bagi galaksi.

Lagi pula jarak bumi ke pusat galaksi itu sekitar 25.749.504.000.000.000 kilometer jadi sangatlah jauh jangkauan Lubang Hitam untuk menghisap bumi.Mungkin hal ini masih menjadi misteri dan menjadi salah satu misteri dari jutaan misteri di dalam galaksi ini.

Bagaimana Dengan Galaksi Lainnya?

Kemungkinan setiap galaksi hampr sama ,yakni memiliki pusatnya masing-masing ,namun hanya memiliki perdeaan bentuk,jenis atau bahkan umurnya.Apalagi galaksi yang berbentuk spiral seperti halnya Bima Sakti yang berbentuk spiral serta memiliki pusat di tengahnya.

Kesimpulan

Kurang lebih seperi itulah penjelasan objek apa yang berada di pusat galaksi ,saya belum bisa menjelaskan lebih banyak karena hal ini masih menjadi tanda tanya,mungkin apabila sudah terjawab akan segera saya update.apabila ada kesalahan mohon di koreksi ,sekian terimakasih (ogi/giispace)


EmoticonEmoticon