Friday, July 07, 2017

Apakah Matahari Bisa Menjadi Lubang Hitam?

GiiSpace - Banyak yang berfikir bahwa Matahari adalah pusat galaksi Bima Sakti ,hal itu salah ,matahari adalah salah satu dari 200-400 Bintang di galaksi Bima Sakti.Matahari merupakan pusat tata surya kita bukan pusat galaksi,bentuknya hampir bulan atau bisa di katakan bulan yang terdiri dari plasma panas dan bercampur medan magnet.

Sedikit tentang matahari yang harus anda ketahui ,matahri memiliki massa 10 kali lebih besar dari bumi dan 109 lebih besar diameternya dari bumi.

Biaca soal bintang ,pasti tidak jauh dari yang namanya Lubang Hitam ,nah yang banyak jadi pertanyaan ialah Apakah Matahari Bisa Menjadi Lubang Hitam? Berikut penjelasannya.

Matahari memiliki massa 2 nonillion (lebih dari triliun) kilogram yang mana matahari tidak akan bisa menjadi lubang hitam karena massanya kurang untuk menjadi Lubang Hitam jadi jika matahari mati atau berakhir matahari hanya menjadi Katai putih ,katau putih terbentuk karena bintang mati yang memiliki massa yang kecil ,kurang lebih mirip dengan matahari nantinya.

Seandainya matahari jadi lubang hitam apa yg akan terjadi? waktu matahari secara hipotetik sebagai lubang hitam maka tak akan terjadi apapun ke-8 planet yang dekat dengan matahari .Ke-8 planet akan tetap mengorbit di orbitnya masing-masing sebab meskipun matahari jadi mampat massanya permanen sama yaitu 1 massa matahari serta berdasarkan aturan fisika motilitas orbit Bumi dan planet-planet bergantung pada massa surya serta bukan di bagaimana si massa ini terdistribusi apakah dalam bentuk bola raksasa ataukah sebuah bola tenis. Bila surya jadi lubang hitam dia hanya akan sebesar bola tenis.

Artinya planet-planet yang di sekitar matahari tidak akan terhisap olehnya karena memiliki ukurang sangat kecil.Andai kata surya jadi lubang hitam, daya hisapnya hanya 3 km,berarti seluruh planet yg berada di luar jarak 3 km itu akan aman-aman saja. jarak Merkurius saja hampir 60 jt km asal matahari.

Tetapi matahari tidak akan memangsa planet-planet di tata surya dengan lubang hitam ,melainkan matahari akan menjadi bintang raksasa merah dan pada saat itu planet-planet di sekitarnya akan dilahap semua olehnya termasuk bumi dan planet-planet tata surya.Kemungkinan pada saat hal ini kita di dunia sudah tidak ada lagi ,karena mungkin sudah menjadi takdir tuhan.

Kesimpulan

Matahari yang selama ini membuat bumi menjadi terang pada siang dan membuat tumbuhan dapat hidup sehat ya karenanya ,tetapi pada lain waktu matahari akan menghabisi bumi dengan cara menelannya ,karena pada saat matahari sekarat ia akan mengembang sangat-sangat bessar dan dapat melahap planet-planet di sekiarnya termasuk bumi.Sekian semoga bermanfaat. (ogi/giispace)


EmoticonEmoticon